//reyva babtista

Hardware: Mengenal Perangkat Pemroses




Perangkat keras (hardware) merupakan salah satu elemen dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan / input device [baca: mengenal input device / alat masukan di komputer], perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran / output device [baca: mengenal output device / alat keluaran di komputer]. Mereka [perangkat komputer] dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya. Berikut ini adalah perangkat pemroses di komputer.

Alat-alat pemroses ini diletakkan dalam casing komputer.

  1. Papan induk (Motherboard)
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.




  1. Memori
Terdiri dari beberapa tipe, yaitu:

a. Register Memori
Adalah merupakan jenis memori dengan kecepatan akses paling cepat. Memori ini terdapat di CPU.

b. Cache Memori
Adalah memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal harganya dari memori utama. Terdapat diantara memori utama dan register pemroses. Berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja komputer dapat ditingkatkan. Cache memori ada dua macam, yaitu: Cache Memory  yang terdapat pada internal Processor , chace memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, dan harganya sangat mahal. Dan Chace Memory  yang terdapat diluar Processor, yaitu berada pada MotherBoard, memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, meskipun tidak secepat chache memori jenis pertama ( yang ada pada internal Processor).

c. Memori Utama/Main Memory
Memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Jenis memori utama:

-ROM ( Read Only memory) yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System) yang terdapat pada Mother Board yang berfungsi untuk men-setting peripheral yang ada pada system. ROM untuk BIOS terdapat beragamjenis diantaranya jenis Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahhan pembuat Mother Board, yang umumnya penggantian tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Mother Board.

-RAM (Random Acces Memory) yang memiliki kemampuan untuk dirubah data atau program yang tersimpan didalamnya.

d. Memori Sekunder/Sekunder Memory
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. ContohHardisk, Floppy Disk, dll.


  1. Processor 
Nah, inilah Brain (otaknya) computer atau sering disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit). Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz) [semakin besar frekuensi prosesor, maka semakin cepat kerja prosesor].

Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.

  1. Harddisk
Harddisk merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang Gigabyte (GB) hingga Terabyte (TB). Satu TB sama dengan 1000 GB, sedangkan 1 GB sama dengan 1000 MB dan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte. Sangat besar kan ? Kita bisa menyimpan semua data kita pada hardisk ini.

  1. Floppy Disk Drive

Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.

  1. CD-ROM Drive

Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).

  1. Kartu Grafis (VGA Card)
Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.



  1. Kartu Suara (Soundcard)
Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcard yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard.

  1. Kartu Jaringan
Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.






  1. Catu Daya
Pencatu Daya (Inggris: power supply) adalah sebuah piranti yang berguna sebagai sumber listrik untuk piranti lain. Pada dasarnya power supply bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa power supply yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.

5 comments:

  1. salam sahabat
    artikel2nya banyak membantu tuk lebih mengenal bagian2 dari kompiku.

    ReplyDelete
  2. minal aidin wal faidin.. :)
    salam kenal sob..
    sukses selalu buat Dunia TI nya... :D

    ReplyDelete
  3. @Warna Tulisan
    Wah...makasih buat motivasinya ya...:)

    @Ryo Jeo
    Selamat lebaran juga
    Salam kenal..
    Makasih buat doanya..

    ReplyDelete
  4. lengkap sekali..!! mantab sob infonya...,,

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sudah bantu saya mengerjakan ICT Asignment :]

    ReplyDelete